Kamu disini
Home > Indigo > 5 Tempat Ritual Pesugihan Yang Fenomental di Indonesia

5 Tempat Ritual Pesugihan Yang Fenomental di Indonesia

Himpitan ekonomi dan tantangan hidup yang semakin keras membuat banyak orang ingin mendapatkan rezeki secara cepat & mudah.

Tidak sedikit orang yang menggunakan cara haram untuk mendapatkan kekayaan, seperti mencuri, merampok, mencopet dll. Tidak peduli bahaya yang akan dihadapi, mereka tetap rela berkorban demi keinginan.

Ada pula yang menempuh jalur abnormal dengan melakukan ritual pesugihan. Sama seperti yang saya bahas di artikel Ritual Pesugihan Gunung Kawi, tentu saja pesugihan membutuhkan tumbal.

Dengan  kata lain, ritual pesugihan juga memerlukan pengorbanan yang besar berupa tumbal. Meskipun tahu konsekwensinya, mereka tetap melakukan ritual pesugihan demi harta & kekayaan.

Lantas di mana sajakah tempat melakukan ritual pesugihan yang populer di Indonesia?

 

Pesugihan Gunung Kemukus.

Gunung kemukus berada di Sragen, Jawa Tengah. Kebanyakan pengunjung datang setiap malam jumat Pon (penanggalan Jawa).

Menariknya, salah salah satu syarat ritual pesugihan di gunung kemukus adalah kewajiban melakukan hubungan intim dengan oranglain (bukan pasangan sah).

Banyak pro dan kontra tentang lokasi pesugihan gunung kemukus. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa ritual pesugihan di gunung kemukus merupakan dalih untuk menutupi bisnis prostitusi terselubung.

 

Pesugihan Pantai Selatan (Nyi Blorong)

Nyi Blorong merupakan sosok legenda Indonesia yang berwujud wanita cantik, bertubuh manusia dari pinggang ke atas, dan berwujud ular dari pinggang ke bawah. Ia merupakan panglima terkuat yang dimiliki oleh Kanjeng Ratu Kidul.

Nyi blorong diperintahkan oleh kanjeng ratu kidul untuk mencari sekutu manusia. Salah satu usaha yang dilakukan nyi blorong untuk mencari sekutu adalah dengan membuat kontrak dengan manusia.

Ia menjanjikan harta & kekayaan, namun sebagai imbalannya. Nyi roro kidul menginginkan nyawa manusia untuk dijadikan sekutu di pantai selatan.

Adapun ritual khusus untuk mendapatkan kekayaan dari nyi roro kidul adalah dengan berhubungan intim. Setelah melakukan hubungan intim, maka nyi roro kidul akan meninggalkan sisik emas sebagai sarana pesugihan.

Sebagai syarat kontrak, orang yang melakukan ritual pesugihan harus memberikan tumbal nyawa setiap tahunnya. Jika tidak, maka nyawanha sendiri yang akan diambil.

 

Pesugihan Pantai Utara (Dewi Lanjar)

Jika di pantai selatan ada nyi blorong, maka di pantai utara ada dewi lanjar. Pesugihan pantai utara ini bisa dilakukan di Pantai Slamaran, Kabupaten Pekalongan.

Seperti kanjeng ratu kidup yang memerintahkan nyi blorong untuk memberi pesugihan. Dewi lanjar juga memerintahkan anak buahnya untuk menemui orang yang melakukan ritual.

Meskipun tidak perlu melakukan hubungan intim, namun pesugihan pantai utara juga memerlukan tumbal nyawa sebagai gantinya.

Pesugihan Gunung Kawi

Gunung kawi merupakan pusat pesugihan terbesar di Indonesia. Mengapa? Karena di gunung tersebut ada 40 jenis pesugihan.

Mulai dari pesugihan monyet, babi, kandang bubrah dll. Yang paling terkenal adalah pesugihan dewandaru. Tentang pesugihan gunung kawi bisa di baca di artikel berikut Ritual Pesugihan Gunung Kawi.

Pesugihan Alas Purwo

Alas purwo merupakan taman nasional yang masih dipenuhi misteri gaib. Alas purwo dikenal sebagai hutan legendaris terangker di jawa.

Selain banyaknya cerita mistis yang berkembang di masyarakat tentang alas purwo. Ternyata hutan ini sering dijadikan tempat ritual pesugihan. Di Alas Purwo juga ada sebuah makam sepanjang 7 meter yang disebut makam Mbah Dowo.

Makam Mbah Dowo tersebut isinya bukan jenazah manusia, melainkan sebuah pusaka berupa tombak milik Empu Barada. Makam ini juga sering dijadikan tempat bersemedi untuk tujuan pesugihan.

 

Komentar Disini
Reihan Cahya Ramdani

Seorang manusia biasa yang menyukai dunia supranatural. Penikmat kopi yang terkadang suka ngelamun sambil menggoreskan tinta di atas kertas kala senja datang.

Tinggalkan Balasan

Top