Kamu disini
Home > Aneh > 7 Sosok Makhluk Gaib Paling Populer Di Tanah Air (Bagian 2)

7 Sosok Makhluk Gaib Paling Populer Di Tanah Air (Bagian 2)

  1. GUNDUL PECENGIS

Gundul berarti kepala yang tidak ditumbuhi rambut kata lainnya adalah kepala plontos, sedangkan pecengis adalah senyum yang kelihatan giginya.

Selain gundul pecengis masyarakat juga menyebut makhluk gaib ini dengan nama seperti ndas glundung, gulutuk cengir, dan gundul ceringis.

Sosok makhluk gaib ini adalah hantu yang berwujud kepala botak plontos tanpa badan yang cukup populer di kalangan masyarakat pulau Jawa.

Hantu gundul pecengis sering menampakkan dirinya pada malam hari, dengan penampakan yang sering cengar-cengir atau cengengesan dengan kelihatan giginya ketika menakuti para manusia. Hantu ini sering menempati pohon-pohon rindang yang sepi tumbuh di tempat-tempat sepi.

Menurut para ahli gaib bahwa usia gundul pecengis bisa dilihat dari ukuran panjang taring gundul pecengis, semakin panjang taringnya maka umurnya semakin tua.

Konon gundul pecengis dapat membahayakan orang yang melihat, biasanya orang yang melihat sosok hantu yang satu ini sering terjadi kecelakaan, mungkin karena korbannya terkejut atau tak sadarkan diri sehingga bisa melakukan hal yang membahayakan orang yang melihatnya.

Sedangkan tanda-tanda dari kehadiran gundul pecengis adalah sebagai berikut:

  • Biasanya kehadiran gundul pecengis ditandai dengan suara benda jatuh dengan keras.
  • Gundul pecengis sebelum menampakkan diri terhadap target yang akan ditakutinya biasanya orang yang akan ditakutinya merasakn suhu pada tubuhnya meningkat menjadi panas dan telinganya berdenging.
  • Biasanya terlihat ada pancaran sinar merah, seperti sorot mata yang tajam dari tempat yang gelap
  • Gundul pecengis biasanya bersembunyi di kolong tempat tidur, atap rumah, dapur dan pojok ruangan yang gelap.

 

 

  1. LEAK

Di dalam kepercayaan atau mitos masyarakat Bali, Leak adalah penyihir jahat. Secara bahasa  Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak.

Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir.

Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda.

 Yang mengerikan lagi sosok leak tersebut juga dapat mengambil organ dari orang hidup sehingga sosok ini sangat ditakuti oleh masyarakat Bali.

Diceritakan juga bahwa Leak dapat berupa kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut.

Leak dikatakan dapat terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah bayi yang masih di kandungan. Ada tiga leak yang terkenal. Dua di antaranya perempuan dan satu laki-laki.

Menurut kepercayaan orang Bali, Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah eagar dapat hidup. Dikatakan juga bahwa Leak dapat mengubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leyak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam.

Beberapa orang mengatakan bahwa sihir Leak hanya berfungsi dipulau Bali, sehingga Leak hanya ditemukan di Bali.

Apabila seseorang menusuk leher Leak dari bawah ke arah kepala pada saat kepalanya terpisah dari tubuhnya, maka Leak tidak dapat bersatu kembali dengan tubuhnya.

Jika kepala tersebut terpisah pada jangka waktu tertentu, maka Leak akan mati. Topeng leak dengan gigi yang tajam dan lidah yang panjang juga terkadang digunakan sebagai hiasan rumah.

 

  1. ANTU BANYU DI SUNGAI MUSI PALEMBANG

Antu adalah sebutan hantu oleh masyarakat palembang. Sedangkan banyu adalah air. Maka sosok hantu ini disebut Antu Banyu oleh masyarakat Palembang Sumatra Selatan.

Menurut cerita para orang terdahulu bahwa sosok hantu ini sangat ditakuti para nelayan di kota palembang. Karena  Antu Banyu sering mengganggu dan menampakkan diri di daerah perairan, seperti sungai ataupun laut.

hantu ini bertempat tinggal di sungai Musi dan Muara Dua. Dalam legenda hantu ini merupakan sosok yang sangat menyeramkan dengan ciri-ciri memiliki rambut yang sangat panjang dan kaku atau keras. Rambutnya seperti satang atau bulu yang panjang serta berat dan tajam.

Konon, hantu ini biasanya sangat nakal, terutama bagi yang mencari rezeki di laut. Sosok ini biasanya akan memperlihatkan rambutnya dikapal maupun perahu, umumnya jika ada kapal dan perahu melihat rambutnya.

Maka bisa dipastikan kapal atau perahu tersebut akan mengalami kecelakaan seperti tenggelam.

Menurut cerita dari turun-temurun, antu banyu sebenarnya adalah mahkluk purba. Konon, jika mahluk tersebut muncul saat kita menyentuh air maka air dipermukaan akan terasa hangat.

Komentar Disini
996 Total Views 9 Views Today

Tinggalkan Balasan

Top