Kamu disini
Home > Indigo > Amalan Yang Wajib Anda Lakukan di Pagi Hari Agar Hidup Lebih Berkah

Amalan Yang Wajib Anda Lakukan di Pagi Hari Agar Hidup Lebih Berkah

Tidur di pagi hari merupakan aktivitas yang paling nyaman, terutama bagi mereka yang suka begadang atau kerja lembur sampai malam. Meskipun sebagai umat muslim diwajibkan bangun subuh untuk shalat. Namun kebanyakan orang akan langsung tidur kembali seusai shalat subuh.

Wajar saja, karena kondisi tubuh di pagi hari belum pulih sepenuhnya, masih membutuhkan beberapa saat untuk kembali bugar. Dan kita akan merasa rugi jika waktu tidur berkurang gara-gara bangun pagi.

Tapi tahukah Anda bahwa bangun lebih pagi bisa memperlancar rezeki dan berkah bagi kehidupan Anda.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam selalu mengingatkan, pagi bukan saatnya untuk berleyeh-leyeh, apalagi kembali pulas mendengkur.

Saya jadi teringat kejadian beberapa tahun lalu di masjid kampung halaman ayahku. Ada seorang pemuda ketika sehabis shalat subuh, pemuda ini langsung mengambil tempat paling belakang, bersandar di dinding kemudian tidur pulas hingga jam 8 pagi.

Inilah kondisi yang sedang dialami kaum muslim di Indonesia. Tidak banyak orang yang memanfaatkan waktu paginya untuk aktivitas yang lebih bermanfaat, seperti olahraga misalnya. Kebanyakan dari mereka malah tertidur pulas, sehingga waktu pagi mereka tersia-siakan.

Padahal waktu pagi adalah waktu yang sangat penuh dengan berkat. Rasulullah menjelaskan, barangsiapa yang tidak bagun di pagi hari,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ : { يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ ثَلَاثَ عُقَدٍ إِذَا نَامَ بِكُلِّ عُقْدَةٍ يَضْرِبُ عَلَيْكَ لَيْلًا طَوِيلًا فَإِذَا اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عَنْهُ عُقْدَتَانِ فَإِذَا صَلَّى انْحَلَّتْ الْعُقَدُ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَ إِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ}.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwa Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Setan akan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian saat tidur dengan tiga ikatan ia akan membisikkan kepadamu bahwa malam masih panjang, jika ia terbangun lalu berdzikir pada Allah lepaslah satu ikatan, jika ia berwudlu maka lepaslah dua ikatan, dan jika ia melanjutkan dengan sholat, maka lepaslah seluruh ikatan itu, sehingga pada pagi harinya ia mulai dengan penuh kesemangatan dan jiwanya pun sehat, namun jika tidak, maka dia akan memasuki waktu pagi dengan jiwa yang keji dan penuh kemalasan.” [HR Bukhari]

Lantas apa yang harus kta lakukan setelah melakukan shalat subuh ?

Berdzikirlah sejenak kemudian beraktivitaslah

Dzikir di pagi hari adalah salah satu amalan yang wajib Anda lakukan. Selain membuat hati & pikiran menjadi segar, dengan berdzikir maka segala urusan kehidupan Anda akan dimudahkan oleh Allah.

Masalah dzikir pagi ini, Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا * وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” [QS. Al-Ahzaab : 41-42].

Setelah melakukan dzikir silahkan beraktivitaslah. Bisa dengan berolahraga, mencuci, mengepel. Biarkan tubuh bergerak untuk melakukan aktivitas yang lebih mulia.

Ingat, Rasulullah tidak menjumpai pagi melainkan bergegas dalam beraktivitas.

Seperti yang Allah firmankan;

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS. Ali Imron [3]: 121).

Jadi, tidak salah jika bangsa Arab mengenal petuah, “Waktu adalah pedang.” Dengan kata lain, siapa bergegas dalam beraktivitas insya Allah dia akan sukses. “Man jadda wajada” (Siapa bersungguh-sungguh dia dapat).

Komentar Disini
Reihan Cahya Ramdani

Seorang manusia biasa yang menyukai dunia supranatural. Penikmat kopi yang terkadang suka ngelamun sambil menggoreskan tinta di atas kertas kala senja datang.

Tinggalkan Balasan

Top