Kamu disini
Home > Indigo > Asal Muasal Tenaga Dalam Populer di Indonesia

Asal Muasal Tenaga Dalam Populer di Indonesia

Sekarang Saya tanya, siapa sih yang tidak kenal dengan istilah tenaga dalam? Hampir semua orang pasti tahu apa itu tenaga dalam. Mulai dari sekedar tahu kosa kata sampai pernah mempelajarinya. Mulai dari anak SD hingga para lansia. Mulai dari jaman kerajaan kuno sampai sekarang jaman modern. Tenaga dalam sudah menjadi bagian hidup kita.

Kepopuleran tenaga dalam ini sudah dimulai sejak jaman nenek moyang kita dahulu, bahkan untuk mencapai kemerdekaan pun, banyak pejuang kita yang dibantu oleh para kyai atau para pakar tenaga dalam. Memang tenaga dalam sangat identik dengan kyai dan pesantren. Entah bagaimana mulanya, tapi yang jelas ada sejarahnya.

oke, Saya tidak akan membahas mengenai agama. Saya seorang praktisi selayaknyalah Saya bicara secara umum. Jika Anda masih menganggap bahwa tenaga dalam adalah dunia mistis dan gaib, maka Saya tidak akan menyalahkan pemikiran Anda selama ini, karena Saya pun sudah bertemu banyak orang yang berfikir begitu. Dan Saya menghargainya.

Namun, jika Anda bertanya kepada Saya apakah tenaga dalam memang masuk dunia mistis dan gaib? Saya jawab bahwa Saya tidak menganggap tenaga dalam adalah bagian dari ilmu beraliran demikian. Tenaga dalam murni bisa dibuktikan secara ilmiah, dan Anda bisa merasakan dan melihatnya. Tapi jangan salah, Saya tidak pernah memaksa Anda untuk mempercayai Saya. Setidaknya, saat inilah hal itu yang Saya yakini.

Lantas semisal nyata, dari mana Anda bisa membuktikan sumber Tenaga Dalam?

Oke, Saya akan jelaskan satu persatu kepada Anda.

Tenaga Dalam merupakan sebuah Energi. seperti yang Anda pelajari di ilmu fisika di bangku sekolah, bumi inipun memiliki energi. Sebagai contoh, Energi dari bumi yang bisa Anda rasakan sampai sekarang adalah gas, batubara, minyak bumi dan lainnya. Sama, hal nya dengan bumi manusia pun juga memiliki energi dalam tubuhnya.

Nah, disini tugas tenaga dalam lah yang mengolah energi yang ada pada tubuh manusia. Tenaga dalam merupakan ilmu yang menerangkan sistem latihan guna mengarahkan kepada pemaksimalan energi yang ada pada tubuh Anda dan alam semesta. Dengan berlatih tenaga dalam, Anda lebih bisa memanfaatkan kekuatan energi untuk kehidupan Anda.

Tapi, bukankah tenaga dalam itu beladiri ya?

Jika Anda masih berfikir kalau tenaga dalam itu beladiri, Anda tidak salah. Karena memang sejarahlah yang membangun kesan tenaga dalam adalah beladiri. Namun sesungguhnya bukan hanya beladiri, tenaga dalam sangat memiliki arti luas bagi kehidupan Anda. Manfaatnya sangat besar bagi kehidupan Anda. Salah satunya untuk memelihara energi kecantikan ataupun ketampanan Anda. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari ilmu tenaga dalam, silahkan kunjungi situs www.tenagadalam.com. Karena Saya tidak akan membahas secara detail dalam artikel ini. Dalam situs tersebut ada penjelasan lebih jelas mengenai manfaat tenaga dalam.

Oke lanjut, sumber tenaga dalam berasal dari alam semesta. Sesuai dengan filsafat timur, alam semesta ini diresapi oleh suatu energi sebagai pokok dari segala gerakan dan kehidupan manusia. Istilahnya disebut dengan daya hidup, prana atau chi. Kesemuanya itu merupakan induk dari energi alam semesta. Jadi bisa disimpulkan bahwa hakekatnya tenaga dalam merupakan salah satu wujud atau manifestasi dari daya hidup, prana atau chi melalui pusat energi yang tersedia di dalam fisik dan jiwa Anda. Dengan begitu tidak ada hubungan kekuatan tenaga dalam dengan alam ghaib.

Namun Saya pernah melihat pelatihan tenaga dalam dengan ritual-ritual mistis dan keagamaan lho mbak? Bagaimana tidak ada hubungannya dengan alam ghaib?

Iya Anda benar, di luar sana memang banyak sekarang perguruan beladiri yang melakukan ritual-ritual baik itu keagamaan atau mistis. Hal itu tidak salah, dan Saya pun sangat menghargainya. Namun, sesuai dengan yang Saya jelaskan tenaga dalam merupakan hal yang alamiah sudah ada di alam semesta. Untuk mempelajarinyapun ada tekniknya tersendiri yang di ajarkan karena sifat tenaga dalam adalah ilmu yang sistematis.

Kembali terhadap pendapat Anda, Saya tidak ingin mengubah pendapat Anda. Saya hanya ingin menyampaikan pengetahuan dan pemikiran Saya sebagai seorang pakar tenaga dalam yang bersifat alamiah. Bagi Saya sah-sah saja melakukan ritual-ritual keagamaan untuk belajar tenaga dalam, karena Saya pun yakin tenaga dalam bersumber dari Tuhan sang pencipta alam. Dan sah-sah saja pula menggunakan ritual mistis, karena itu merupakan kearifan budaya lokal Indonesia yang patut kita hormati. Akhir kata semua kembali kepada pribadi Anda, pendapat Anda dan kenyamanan Anda. Karena hakekat kehidupan adalah kenyamanan Anda.

Komentar Disini
1225 Total Views 6 Views Today
Reihan Cahya Ramdani
Seorang manusia biasa yang menyukai dunia supranatural. Penikmat kopi yang terkadang suka ngelamun sambil menggoreskan tinta di atas kertas kala senja datang.

Tinggalkan Balasan

Top