Kamu disini
Beranda > Aura > Asal Mula Meditasi

Asal Mula Meditasi

Meditasi bukanlah hal baru bagi sejarah peradaban manusia. Pasalnya, sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu,
meditasi sudah dikenal luas di seluruh peradaban tinggi yang ada di muka bumi ini. Bahkan, peradaban tinggi di Mesir, China, Aztec, dan India diyakini sudah mempraktikkannya.

India yang merupakan salah satu peradaban tinggi dan tertua di dunia diyakini oleh banyak pakar sebagai asal muasal meditasi. Pasalnya, di negeri Hindustan inilah terdapat banyak praktisi dan tokoh spiritual yang mempraktikkan meditasi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Lebih jauh, sejarah mencatat bahwa ribuan tahun yang lalu, Pantajali, seorang tokoh spiritual India, sudah memiliki argumen cerdas tentang meditasi. Menurutnya, meditasi adalah proses aktualisasi diri (self realization). Oleh karena pada waktu meditasi manusia mengalami kesadaran penuh sebagai bagian dari Sang Maha Pencipta. Mekanisme self realization adalah suatu rahasia yang sangat dijaga oleh para praktisinya. la diturunkan dari guru ke murid melalui prosesĀ  yang sangat dirahasiakan, penuh disiplin tinggi, dan latihan yang amat berat dalam waktu berpuluh-puluh tahun.

Pada abad ke-14, Gyaneshwara, seorang tokoh spiritualis India, mendapat izin dari gurunya untuk menerjemahkan pelajaran rahasia yang tertulis dalam bahasa Sansekerta kuno ke dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh masyarakat umum saat itu. Sejak saat inilah, tradisi meditasi mulai berkembang di lndia.

Dalam beberapa kepustakaan diketahui bahwa meditasi juga dipraktikkan di Mesir, China, dan peradaban Aztec di
Amerika Se Iatan, serta hampir semua pusat kebudayaan tinggi di belahan dunia lainnya. Namun, India nampaknya menjadi salah satu tempat yang paling subur bagi berkembangnya praktik meditasi. Tak ayal, ketika kita berbicara mengenai meditasi, India selalu ikut kita perbincangkan.

Yang jelas, meditasi adalah tradisi yang sudah sama tuanya dengan sejarah manusia di bumi ini. Tetapi juga sangat kontemporer karena meditasi sangat efektif untuk mencapai relaksasi yang harmonis antara mind body spirit dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang tidak bisa diobati dengan pengobatan modern.

Komentar Disini
devika
Sahabat setia Dewi Gayatri http://mistikkamasutra.com/ http://kristalkamasutra.com/
https://www.dewipemikat.com/

Tinggalkan Balasan

Top