Kamu disini
Home > Indigo > 7 Suku di Nusantara yang Memiliki Ilmu Pengasihan Legendaris

7 Suku di Nusantara yang Memiliki Ilmu Pengasihan Legendaris

ilmu pelet pengasihan legendaris

Keragaman budaya ternyata berdampak pada kekayaan dunia mistik dan supranatural di nusantara. Terutama dalam hal ilmu pelet pengasihan.

Meski satu sama lain menggunakan tata cara yang berbeda-beda. Entah berbeda dari segi mantra yang diucapkan, lelaku dan tirakat yang dilakukan, hingga syarat dan pantangan yang perlu diperhatikan. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu sebagai amalan untuk mendapatkan cinta seseorang.

Sebenarnya setiap suku memiliki identitas mistik masing-masing. Hal itu bisa dilihat dari ritual budaya yang biasa dilakukan.

Di antara banyaknya suku di nusantara, paling tidak ada 7 suku yang memiliki budaya mistik pengasihan yang sangat kental. Berikut 7 suku yang memiliki tradisi ilmu pelet pengasihan paling legendaris.

  1. Ilmu Pengasihan Jawa

Kata “Jawa” di sini merujuk pada nama suku, bukan nama pulau. Kita tahu bahwa di dalam Pulau Jawa terdapat beberapa suku, di antaranya suku Jawa, suku sunda, suku baduy, dan suku using.

Peran kerajaan besar di masa lalu yang turut menyebarkan tradisi Hindu-Budha ternyata ikut menelurkan budaya mistik di lingkup suku Jawa. Setidaknya ada beberapa ilmu mistik pengasihan yang sampai saat ini sangat tersohor. Tidak hanya di kalangan suku Jawa di Pulau Jawa, tetapi hingga ke Luar Pulau Jawa.

Bahkan mistik pengasihan suku Jawa terkenal hingga ke negara tetangga, misalnya Malaysia. Di antara ilmu Pelet pengasihan dai suku Jawa yang terkenal yaitu Ilmu Pelet Jaran Goyang, Pelet Asmaragama, dan Ilmu Pelet Semar.

Khusus Ilmu Pelet Semar, dalam perkembangannya dikenal dengan berbagai penyebutan. Di antaranya pelet semar kuning, pelet semar mesem, dan pelet semar kuncung. Selain berkaitan dengan amalan, pelet semar ini identik dengan pusaka kecil berbentuk sosok semar (keris semar).

 

  1. Ilmu Pelet Dayak

Kedua, suku yang memiliki ilmu pelet legendaris adalah suku dayak, khususnya dayak pedalaman. Selain memiliki tradisi supranatural perlindungan diri. Dayak juga memiliki tradisi ilmu pelet yang dahulu diwariskan dari generasi ke generasi secara tertutup.

Namun agaknya, persebaran informasi yang cukup pesat. Adanya ilmu pelet dari suku ini kian tercium oleh publik terutama mereka yang berasal dari luar Pulau Kalimantan. Selain terkenal memiliki ilmu pelet, para pakar supranatural dari Suku Dayak juga pandai meracik minyak pelet khusus yang biasa disebut Minyak Pelet Dayak.

ilmu pelet praktis tingkat tinggi

  1. Ilmu Pelet Pengasihan Bali

Dilihat dari proses terjadinya, ilmu pelet Bali tidaklah jauh berbeda dengan ilmu leak. Hal yang membedakan dari keduanyayaitu tujuannya, jika ilmu leak digunakan untuk ‘menyalahi’ atau menyakiti fisik. Maka ilmu pelet Bayi difungsikan untuk mendapatkan kasih sayang, seperti umumnya ilmu pelet lainnya.

Dalam tradisi mistik Bali, ilmu pengasihan ada yang disebut sebagai ilmu jaran nguyang. Agaknya, penyebutan “jaran nguyang” tidak jauh beda dengan “jaran goyang” yang berasal dari Jawa. Meski begitu terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari segi ritual dan mantranya.

 

  1. Ilmu Pengasihan Melayu

Jika ilmu pelet Jawa lebih menekankan tirakat dibanding mantra, lain lagi dengan ilmu pelet dari tanah Melayu. Ilmu pengasihan Melayu dalam praktiknya lebih menonjolkan unsur pembacaan mantra dibanding tirakat atau lelaku.

Bahkan berdasarkan keterangan pakar ilmu Pelet Melayu, tradisi pengasihan Melayu cenderung meminimalisir unsur lelaku. Prioritas bacaan mantra ini bisa jadi karena budaya Melayu yang sangat kental dengan tradisi lisan, misalnya syair.

 

  1. Ilmu Pelet Pengasihan Sunda

Tanah Sunda yang terkenal dengan tokoh pengasihan, Nini Pelet, memang tidak diragukan lagi tradisi mistiknya. Salah satu di antara ilmu pelet dari Tanah Siliwangi ini yaitu Ilmu Pelet Jangjawokan.

Bagi kalangan masyarakat Sunda, ilmu Pelet Jangjawokan mmeiliki kesetaraan dengan ilmu pelet lainnya yang sudah lebih luas terkenal, seperti jaran goyang dan pelet semar.

 

  1. Ilmu Pengasihan dari Suku Bugis

Suku bugis yang dikenal sebagai nenek moyangnya penjelajah lautan dari nusantara, ternyata juga memiliki tradisi mistik dalam hal pengasihan. Ilmu Pelet Bugis yang paling masyhur yaitu ilmu pelet jabat tangan dan pelet pandangan mata.

Untuk kedua jenis ilmu pelet ini memang sangat sulit sekali dikuasai. Tidak hanya itu, sumber keilmuan yang terbatas, membuat para pemburu ilmu pengasihan kesulitan mendapatkan ijazah dari orang yang benar-benar menguasai ilmu pelet Bugis.

 

 

  1. Ilmu Pelet Suku Batak

Dari Pulau Sumatra, selain ada pelet Melayu juga ada ilmu pelet dari suku Batak. Oleh masyarakat sekitar, ilmu pelet pengasihan ini disebut parkasih atau dorma.

Seperti halnya ilmu pelet dari tanah Jawa, ilmu pelet pengasihan dari bumi Batak pun dibagi menjadi dua macam berdasarkan objeknya. Pertama, pelet yang sifatnya untuk menaklukkan publik (pengasihan umum) dan pelet pengasihan untuk mendapatkan seseorang (pengasihan khusus).

 

Demikian ulasan artikel tentang “ 7 Ilmu Pelet Legendaris dari Nusantara”. Jika Anda masih punya waktu senggang, seilahkan baca artikel lainnya dengan mengeklik judul artikel di bawah ini.

 

 

Komentar Disini
7484 Total Views 18 Views Today

3 thoughts on “7 Suku di Nusantara yang Memiliki Ilmu Pengasihan Legendaris

Comments are closed.

Top