Kamu disini
Home > Indigo > 7 Cakra Utama Manusia Yang Harus Anda Tahu

7 Cakra Utama Manusia Yang Harus Anda Tahu

cakra

Tahukah anda jika sebenarnya manusia itu mepunyai tubuh yang unik sekali, selain tubuh fisik juga mempunyai tubuh nonfisik (esoterik), untuk tubuh fisik sudah jelas kita dapat melihatnya secara kasat mata sedangkan tubuh esoterik tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Di dalam tubuh manusia terdapat titik-titik pusat tertentu  yang berfungsi untuk mengatur dan menciptakan energi agar bersinergi dengan tubuh fisik, yang biasanya baik sadar maupun tidak sadar digunakan untuk beraktivitas, berfikir dan melakukan kegiatan lainnya. Titik-titik pusat inilah yang disebut cakra.

Cakra adalah titik pusat energi yang berputar dan selalu bergerak aktif di dalam tubuh nonfisik manusia. Cakra inilah yang berperan aktif di dalam diri manusia yang merupakan pusat penghasil energi dan jiika cakra ini bermasalah bisa diasumsikan tubuh manusia mengalami suatu gangguan dan menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan cakra di dalam diri manusia. Tentu saja ada masalah yang ditimbulkan jika caklra tersebut terganggu baik itu secara fisik, mental, emosi ataupun psikologis lainnya.

Selain cakra anda juga pasti sudah mengenal yang namanya aura, nah jika dikaitkan dengan hal tersebut maka cakra inilah yang sebenarnya merupakan sumber pancaran energi aura tersebut. bisa dikatakan baik atau tidaknya aura seseorang bergantung pada sistem aktivasi cakra di dalam tubuh manusia. Oleh karena itulah agar aura bisa berkualitas haruslah dioptimalkan cakra tersebut. Jika aura seseorang bisa terpancar dan bersinar indah maka kualitas hidupnya khususnya daya tarik akan menjadi lebih baik dan sebaliknya jika aura seseorang memliki aura yang redup hidupnya penuh dengan hal negatif.

Sesunguhnya di dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali titik cakra kurang lebih ada 365 titik cakra yang tentunya akan sangat panjang sekali jika diterangkan di dalam postingan kali ini. Namun para master energi sudah memecah definisi cakra yang banyak tersebut menjadi tiga bagian disesuaikan dengan diameter cakra yaitu cakra mayor (utama) , cakra minor, dan cakra mini. Nah dari ketiga cakra tersebut yang paling penting adalah cakra mayor / utama dimana cakra ini terdiri dari 7 cakra utama. Dan beriktu aka dijelaskan masing-masing cakra utama tersebut :

  1. Cakra Dasar (Mooladhara)

Cakra Dasar adalah cakra utama nomer satu jika diurtukan dari bawah. Cakra dasar mempengaruhi tungkai, pinggul dan dasar tulang belakang. Cakra dasar merupakan pusat energi yang mempunyai pengaruh keinginan duniawi dan keinginan hidup.

Cakra dasar yang baik dalam diri seseorang dapat dilihat dari sikapnya, biasanya cakra dasar yang aktif membuat seseorang selalu bersemangat di dalam hidupnya dan tangguh dalam menghadapi masalah.

Dan sebaliknya cakra dasar yang kotor atau tersumbat entah karena lingkungan yang kurang mendukung atau karena faktor lain bisa membuat seseorang tidak semangat dalam hidupnya, mudah menyerah dan bahkan ada kecenderungan bunuh diri.

  1. Cakra Seks

Cakra ke dua yaitu cakra Seks yang mempunyai nama lain Cakra Svadhisthana yang sangat erat kaitannya dengan fungsi dari organ reproduksi manusia. Letak cakra ini berada di bawah cakra pusar sekitar dua jari pusar menurun sampai ke daerah kemaluan.

Cakra seks sangat aktif pada masa puber ketika masa organ reproduksi mengalami perkembangan penting dan juga ketika selama konsepsi dan kehamilan serta pada saat monopause.

Cakra seks mempengaruhi beberapa oragan berikut alat kelamin, ginjal, kandung kemih. Ketika cakra seks tertutup bisa jadi terjadi disfungsi seperti gangguan kandung kemih dan ginjal dan masalah seksual termasuk masalah pinggang.

Orang yang mempunyai cakra seks yang bersih dan aktif dengan baik akan memiliki pikiran yang lebih positif dan percaya diri. Dan sebaliknya orang mampunyai cakra seks yang kurang bersih akan memunculkan sifat tidak peduli, kasar, negatif thinking dan kurang kreatif bahkan lebih serius masalah yang ditimbulkan yaitu penyimpangan seksual.

  1. Cakra Pusar (Manipura)

Cakra pusar mempunyai nama lain Solar Plexus, letak cakra ini sudah sangat jelas sekali yaitu dibagian pusar. Cakra ini merupakan cakra yang paling sensitif daripada cakra yang lainnya karena gudangnya energi yang bersifat emosional.

Bahkan bila anda orang awam yang kurang peka terhadap reaksi cakra tubuh, cakra pusar dapat anda rasakan ketika perasaan muncul perut anda akan berkontraksi seperti ada perasaan mual dan terasa tidak enak di bagian perut.

Cakra ini bisa menyimpan berbagai emosi yang muncul atau disebabkan peristiwa yang menyakitkan atau tidak mengenakkan yang telah lama di alami dan membekas menjadi memori yang buruk.

Perasaan iri hati, tidak puas, benci, takut rasa malu akan menyelimuti seseorang jika cakra ini terganggu oleh karena itulah agar bisa mengatasi hal tersebut haruslah orang mempunyai cakra pusar yang bersih sehingga perasaan negatif dapat berubah menjadi positif.

Cakra solar plexus / pusar berhubungan dengan organ yang terletak di rongga perut bagian atas agar dapat berfungsi sebagaiman fungsinya. Cakra ini mensuplai energi untuk lambung, hati, pankreas dan kantong empedu supaya dapat berfungsi dengan baik. Cakra solar plexus juga berperan dalam mengendalikan sistem pemanas dan pendingin tubuh.

Cakra yang bersih tentu saja akan sangat bermanfaat untuk tubuh namun jika cakra pusar ini kinerjanya kurang maksimal bisa saja terjadi gangguan yang bermanifestasi sebagi diabetes, radang hati, tukak lambung dan penyakit lain terkait organ-organ tersebut.

  1. Cakra Jantung

Cakra jantung atau cakra Anhata merupakan cakra yang sangat berpengaruh terhadap organ jantung dan yang mengatur sirkulasi darah keseluruh tubuh. Organ lain yang juga disaluri energi oleh cakra jantung adalah paru-paru dan juga berperan terhadap imunitas tubuh.

Tahukah anda jika cakra ini aktif dan bersih maka hidup anda akan diberkahi dengan penuh cinta dan kasih sayang. Kadang karena lingkungan yang tidak kondusif membuat cakra ini menjadi kotor sehingga sebaliknya yang anda dapatkan.

Cakra ini membantu manusia untuk mewujudkan dan menunjukkan cinta dan pemahaman terhadap orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Cakra Tenggorok

Letak cakra ini berada di bagian leher, cakra mayor pertama yang berkaitan dengan spiritualitas manusia / keilahian diantara dua cakra lainnya yaitu mata ketiga dan mahkota.

Peran cakra tenggorok sangat penting terkait penyampaian maksud dan tujuan orang lain karena cakra tenggorok ini berfungsi menyuarakan bentuk pikiran dan perasaan dalam berkomuikasi dengan orang lain, diri sendiri dan lingkungan.

Sebagaimana fungsinya cakra tenggorok sangat berperan sekali dalam mengatur performa dalam berkomunikasi dengan orang lain dimana intonasi, nada dan ekspresi juga ikut di dalamnya. Dan manusia secara langsung berinteraksi melalu cakra tenggorok ini.

Organ yang berhubungan cakra tenggorol antara lain trakea, pita suara, eksofagus, gigi, gui dan sinus.

  1. Cakra Mata Ketiga

Cakra mata ketiga atau juga dikenal dengan Cakra Ajna merupakan cakra kedua yang berhubungan dengan energi spiritualitas dan keilahian. Letak cakra ini berada diantara kedua alis mata.

Ketika cakra ini sangat bersih dan aktif seseorang akan mempunyai kemampuan spesial yang berupa penglihatan terhadap alam atau fenomena metafisika. Cakra ajna juga sangat erat kaitannya dengan intuisi. Ketika cakra mata ketiga ini aktif orang tersebut dalam melihat apa yang orang awam tidak bisa lihat.

Beberapa organ yang berhubungan dengan cakra ajna adalah mata dan hidung dan sampai batas tertentu memberi energi kepada otak. Cakra ajna mempunya fungsi untuk mengendalikan dan memberikan energi kepada kelenjar pituitari dan kelenjar endokrin.

  1. Cakra Mahkota

Cakra tertinggi yang langsung berhubungan dengan spiritualitas seseorang, cakra ini terletak dibagian ubun-ubun kepala, cakra yang pergerakan energinya sangat cepat sekali dibanding dengan cakra yang lain.

Cakra mahkota merupakan pintu energi dari alam atau ilahi jika cakra ini aktif maka kesadaran spiritualnya telah menigkat.

Cakra ini berhungan dengan otak bagian atas yang menyuplai energi agar otak tetap aktif dan sehat. Cakra mahkota yang tidak berfungsi secara baik akan menyebabkan berbagai masalah yang erat kaitannya dengan mental dan syaraf.

Selain itu cakra ini juga menunjang tumbuhnya kepercayaan yang besar pada diri dan cakra mahkota berpotensi untuk mencari dan menelusuri makna kehidupan bagi pemiliknya.

Demikian postingan mengenai 7 cakra utama manusia semoga bisa menambah wawasan untuk anda, dan ingat baca artikel bermanfaat lainnya di keganjilan.com

.

Komentar Disini
1156 Total Views 3 Views Today
Mediana Putri
Panggil Saja Ana. Suka hal-hal spekatakuler dan berpetualang mencari hal baru. Aku orangnya gak bisa diam gak ada kegiatan gak seru dan nulis adalah salah satu hobiku dalam menuangkan segala hal yang ada di kepalaku melalui coretan pena, itu dulu, sekarang sukanya mencet-mencet tombol keyboard.

One thought on “7 Cakra Utama Manusia Yang Harus Anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Top