Kamu disini
Home > Penyembuhan > Tips Mudah Meditasi Untuk Diri Sendiri

Tips Mudah Meditasi Untuk Diri Sendiri

meditasi

Salam Sejahtera untuk anda semua yang sudah sampai pada situs website ini, semoga apa yang kami sajikan bermanfaat untuk anda semua dan para pembaca setia keganjilan.com. pada kesempatan ini saya harap bisa mengupas tuntas mengenai segala hal yang berkaitan dengan meditasi. Bagi anda yang pernah melakukannya sudah pasti tahu dan mungkin sudah mendapatkan manfaat meditasi itu sendiri.

Meditasi di wikipedia dijelaskan bahwa Meditasi itu sama artinya dengan Semadi, dalam perkembangannya semadi / semedi memilki kepanjangan dari Seni Memberdaya Diri sama seperti kata Samadhi yang berasal dari bahasa sansekerta,  dimana Meditasi memiliki arti “praktik/kegiatan relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari” dengan kata lain dengan melakukan Meditasi anda dapat membebaskan diri anda dari segala hal yang menjadi pusat perhatian anda kemudian merelakannya, mengikhlaskannya, atau memanfaatkannya untuk kehidupan yang lebih baik.

Sebenarnya makna meditasi banyak sekali tergantung bagaimana anda memandang dan darimana anda mendapatkan penjelasan pertama kali. Di wikipedia juga dijelaskan meditasi dapat didefinisikan sebagai berikut :

“  Jalan untuk masuk dalam kesadaran jiwa.

Jalan untuk introspeksi diri.

Jalan untuk berkomunikasi dengan sang pencipta.

Jalan untuk mengubah hidup.

Jalan untuk meraih ketenangan batin.”

Selain itu juga secara harfiah meditasi mempunyai makna mengunyah-ngunyah atau membolak-balikan pikiran, merenungkan, berkontemplasi. Dari sumber lain dikatakan Meditasi berasal dari bahasa latin meditatio yang bermakna merenungkan yang berakar dari kata Mederi (kesehatan) akar juga dari medicine (obat kesehatan) dan tentu saja kegiatan meditasi ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan baik secara mental maupun fisik baik batiniah maupun lahiriah.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia meditasi memiliki makna kegiatan memusatkan pikiran serta perasaan  guna mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia meditasi yang paling penting adalah ketenangan pikiran sehingga pikiran bisa fokus dan berelaksasi dengan baik. Karena dengan meditasi kita dapat mengarahkan pikiran serta perasaan kita agar dapat bersikap bijaksana dan lebih memilih

Meditasi juga disamakan dengan kata Samadhi yang berasal dari bahasa Sansekerta yakni laku tirakat konsentrasi tingkat tinggi melampaui alam kesadaran jasmani, namun untuk kata samadhi sendiri lebih mengarah ke keagamaan hindu bila dibandingkan dengan kata meditasi yang memiliki arti lebih umum karena semua agama pada umumnya melakukan meditasi namun memiliki sebutan yang berbeda.

Cara Melakukan Meditasi

Baik, untuk melakukan meditasi caranya sangat mudah sekali, setelah membacaca artikel ini saya jamin anda dapat langsung mempraktikannya. Meditasi mengalami perkembangan yang sangat pesat karena manfaatnya yang luar biasa dan dalam praktiknya pun ada perkembangan pula dimana meditasi dapat dilakukan dengan perpaduan-perpaduan semacam sarana atau perangkat atau ada pula ditambah dengan gerakan yang halus yang dapat mengantarkan anda menuju relaksasi dengan lebih cepat misalnya yang sangat populer adalah musik meditasi jadi meditasi ini dilakukan dengan memutar musik sambil bermeditasi. Cara yang akan saya jelaskan ini bukanlah cara pakem yang harus anda lakukan namun kurang lebih cara inilah cara yang direkomendasikan dan cara paling mudah untuk dilakukan.

Sikap Badan

Sikap tubuh yang baik untuk melakukan meditasi yaitu duduk bersila santai, punggung tegak lurus dengan tempat duduk anda, posisikan tanggan anda diatas lutut.  cara duduk seperti ini juga biasa disebut duduk setengah bunga tertai.

cara meditasi

Kemudian lakukan cara berikut ini :

Pejamkan mata anda kemudian hitung dalam hati anda 1 (satu) Tarik nafas yang dalam dan perlahan,  2 (dua) tahan sebentar, 3 (tiga) hembuskan nafas anda lewat hidung dan mulut secara perlahan. Lakukan dengan irama yang teratur dan lakukan secara berulang sampai anda merasa santai rileks dan nyaman.

Pada saat yang bersamaan fokuslah untuk mengamati udara yang keluar masuk kedalam diri anda. rasakan dan amati udara segar yang masuk mulai dari hidung mengalir ke paru-paru diamkan sejenak udara tersebut di paru-paru anda kemudian mengalir keluar dari paru-paru kita melalui hidung dan mulut anda.

Ketika melakukan meditasi anda akan mengalami sensasi-sensasi yang berbeda  ada yang melihat cahaya putih namun tidak menyilaukan, ada yang merasakan tubunya terasa sangat ringan dan ada pula yang tubuhnya membesar. Namun setelah itu tubuh dan pikiran anda akan terasa sangat plong dan sangat lega sekali. Pada beberapa orang ada yang tidak merasakan sensasi ini namun jangan khawatir memang perlu latihan dan akan lebih baik lagi jika anda belajar dari orang yang sudah paham sekali dengan meditasi.

Ketika pertama anda melakukan meditasi anda dapat melakukannya selama 15 menit saja kemudian jika sudah terbiasa anda bisa anda tambahkan durasinya selama 30 menit dan seterusnya.

Manfaat Meditasi

Ketika anda melakukan meditasi anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang sangat berguna sekali bagi kehidupan anda. Tidak hanya sebatas yang saya sebutkan dibawah ini mungkin bahkan anda akan mendapatkan lebih dari yang anda harapkan. Berikut adalah manfaat dengan melakukan meditasi yang bisa anda dapatkan :

  1. Mengurangi Stres
  2. Menjaga tekanan darah anda agar lebih stabil
  3. Menguarangi rasa cemas dan emosi negatif
  4. Meningkatkan daya ingat.
  5. Lebih bisa mengontrol diri dalam berbagai kondisi
  6. Mempercepat penyembuhan penyakit
  7. Menjauhkan diri dari segala macam penyakit

Tips Melakukan Meditasi!

Alas Duduk

Agar lebih nyaman saat melakukan meditasi disarankan untuk menggunakan alas duduk yang empuk. Pakailah dudukan atau bantalan yang cukup tebal kurang lebih 5 cm atau menyesuaikan bobot tubuh anda bisa lebih tebal juga bisa lebih tipis. Selain lebih nyaman juga memiliki tujuan untuk menghindari tubuh fisik anda kontak langsung dengan energi gravitasi. Jika tidak adapun tidak apa-apa namun jika ada itu lebih baik digunakan dan disarankan.

Pakaian

Saat melakukan meditasi usahakan memakai pakaian yang tidak ketat atau mengikat tubuh anda dengan kata lain pakailah pakian  yang longgar sehingga sirkulasi energi tubuh dan sirkulasi nadi lebih lancar.

Usahakan juga memakai pakian yang ringan tidak perlu pakian yang tebal sehingga membebani tubuh anda meskipun hanya hal sederhana namun ini juga perlu mengingat perioritas anda adalah kenyamanan tubuh anda. namun misalkan anda tinggal di daerah yang dingin memakai pakian yang agak tebalpun tidak apa-apa namun tetap harus longgar dan pakaian celana kolor jangan pakai celana yang menggunakan ikat pinggang.

Lokasi

Lokasi juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan meditasi anda. lokasi yang tepat akan menjadikan meditasi anda lebih baik dan membuat diri anda lebih sehat. Mulai dari tempat yang tenang, sirkulasi udara yang baik dan suara-suara alam pun sangat bagus untuk menunjang anda saat melakukan meditasi.

Sebenarnya meditasi dapat dilakukan dimana saja suka. Misalkan jika anda ingin melakukannya dirumah anda bisa melakukannya dihalaman rumah atau juga bisa dikamar tidur anda dengan membuka jendela sehingga udara dapat keluar masuk dengan baik atau anda memiliki ruang khusus untuk meditasi itu lebih baik.

Waktu

Waktu yang saya jelaskan berikut ini bukanlah patokan yang harus anda gunakan, anda bisa menyesuaikan sesuai keadaan dan sesuai kebutuhan. Oke waktu yang paling bagus adalah dini hari yaitu sekitar pukul 03.00 – 06.00 WIB pagi hari. Mengapa waktu tersebut sangat dianjurkan untuk melakukan meditasi? Karena pada waktu tersebut udara masih sangat segar dan bersih selain itu energi alam yang halus lebih cenderung bebas dari gangguan vibrasi lain.

Selain waktu diatas, waktu yang sangat bagus pula untuk meditasi yaitu pukul 16.00 – 18.00 WIB dimana anda sudah bersiap untuk menanggalkan kegiatan rutinitas anda yaitu ketika selesai bekerja seharian.

Demikian tips meditasi untuk diri sendiri semoga bermanfaat jangan lupa Share dengan mengklik tombol share yang tersedia dibawah ini. semakin banyak yang share semakin memberi manfaat kepada orang lain.

Baca artikel lainnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda dengan mengklik link yang ada dibagian samping! Sampai jumpa diartikel berikutnya.

 

Komentar Disini
1359 Total Views 2 Views Today
Mediana Putri
Panggil Saja Ana. Suka hal-hal spekatakuler dan berpetualang mencari hal baru. Aku orangnya gak bisa diam gak ada kegiatan gak seru dan nulis adalah salah satu hobiku dalam menuangkan segala hal yang ada di kepalaku melalui coretan pena, itu dulu, sekarang sukanya mencet-mencet tombol keyboard.
Top